Sunday, January 8, 2023

7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 dengan Mudah

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Dengan Mudah - Saat ini, Windows 10 telah menjadi suatu sistem operasi terbaru besutan Microsoft yang memiliki jumlah pengguna sangat banyak di seluruh dunia. Popularitas Windows 10 yang cukup tinggi ini disebabkan banyaknya fitur yang memudahkan dan bisa digunakan pada sistem operasi besutan Microsoft ini. Dibalik fiturnya yang cukup lengkap dan beragam, terkadang Windows 10 juga tidak luput dari adanya kelemahan atau kekurangan. Permasalahan yang cukup umum menghampiri sistem operasi Windows 10 adalah kinierjanya yang terkadang menjadi lemot. Jika sudah demikian, tentu bisa menjadi masalah tersendiri dan bisa mengurangi produktivitas yang Anda miliki. Jika anda mengalami hal demikian mestinya anda harus tahu bagaimana cara mengatasinya agar laptop yang anda miliki bisa bekerja normal kembali , nah untuk itulah saya buatkan artikel ini yang akan mengulas tuntas bagaimana cara mengatasi laptop lemot windows 10 dengan beberapa cara yang telah terbukti berhasil . Jika Anda ingin mencari cara untuk mengatasi laptop Windows 10 yang lemot, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda pertimbangkan.

Beberapa virus menyerang memory laptop Anda sehingga efeknya laptop menjadi lambat saat dihidupkan. Virus juga akan membebani memory sehingga kinerja laptop menjadi lambat. Perlu diketahui, virus dan malware menginfeksi laptop bisa disebabkan karena Anda sembarangan mengunduh file di internet. Padahal file tersebut sudah disisipi virus. Atau bisa juga karena Anda menginstall program bajakan yang didalamnya ada virusnya. Untuk mengatasi laptop lemot karena virus, Anda harus memastikan anti virus di laptop sudah terinstall dengan baik. Pastikan juga antivirus tersebut selalu terupdate. Dan satu lagi, jangan lupa untuk melakukan scanning laptop Anda secara teratur. Hindari download file secara sembarangan dan menginstall program dari sumber yang tidak jelas. Cara mengatasi laptop lemot saat buka aplikasi ialah dengan menambah ka pasitas RAM. RAM (Random Acces Memory) merupakan tempat memori sementara untuk program yang sedang berjalan. Apabila kapasitas RAM yang Anda miliki terlalu kecil, maka kinerja laptop dan program yang Anda jalankan akan terasa lambat. Jika dipaksakan maka laptop bisa menjadi hang atau not responding. Solusinya ialah Anda harus menyesuaikan antara ukuran RAM pada laptop dengan kebutuhan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan.

Ketika Anda rutin menggunakan laptop untuk bekerja, maka file-file sampah seperti temporary files ataupun cookies akan terus bertambah. File-file tersebut memang tidak terlihat, namun jika dibiarkan terus-menerus dampaknya akan membuat laptop menjadi lemot. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan bantuan software atau aplikasi khusus untuk membersihkan file sampah tersebut. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah CCleaner. Segera download dan install aplikasinya. Cara mengatasi laptop lemot saat terkoneksi internet menggunakan CCleaner juga sangat e fektif. Bagi Anda yang suka browsing (internetan), tanpa disadari banyak file sampah, cookies dan cache yang menumpuk pada browser Anda. Semua itu tentu membuat kinerja browser dan laptop Anda menjadi berat. Dengan Ccleaner maka file-file tidak pernting tersebut akan dihapus. Selain menggunakan bantuan aplikasi seperti CCleaner, Anda juga bisa menghapus temporary file (%temp%) tanpa aplikasi tambahan. Seperti apa caranya? Simak langkah-langkah dibawah ini. Muncul jendela "Temporary File". Klik salah satu file. Semua file akan terselect. Muncul jendela konfirmasi "Delete File". Jika masih ada file yang belum bisa terhapus, maka Anda dapat mengulangi lagi langkah diatas.

Perlu diketahui bahwa setiap program yang Anda install akan memakan resource memory laptop Anda. Itu artinya semakin banyak program yang di instal maka kebutuhan memory pada laptop Anda akan semakin bertambah. Mengatasi laptop lemot karena terlalu banyak program sangatlah mudah. Anda hanya perlu melakuka n uninstall terhadap program-program yang belum Anda butuhkan. Dengan begitu memory laptop Anda menjadi lebih lega sehingga kinerja laptop menjadi lebih optimal. Bagi Anda yang belum begitu paham, start up adalah aplikasi yang otomatis akan berjalan saat laptop dihidupkan. Prinsipnya, makin banyak program atau aplikasi yang berjalan maka kerja laptop akan semakin berat. Oleh karena itu Anda perlu menonaktifkan program pada start up, salah satunya menggunakan task manager. Simak cara mengatasi laptop lemot dengan task manager pada Windows 8 dan Windows 10 dibawah ini. Pilih aplikasi yang tidak perlu, yang ingin di disable. Bagi Anda yang menggunakan Windows 7, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini. Akan muncul jendela "System Configuration". Pilih aplikasi yang tidak perlu, yang ingin di disable.

No comments:

Post a Comment

Restoran Nasi Padang Terbaik di Bali

Selain itu, ciri khas masakan dari Warung Wardani ada pada ayam suir, rasanya enak dan tidak terlalu pedas. Maka dari itu, jika Anda ingin m...